PEMBAGIAN MASKER KAIN GRATIS OLEH SMK MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

WhatsApp Image 2020-04-07 at 10.39.36

PEMBAGIAN MASKER KAIN GRATIS  OLEH SMK MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Wabah pandemi Covid-19 kini belum menunjukkan hasil signifikan di Indonesia.  Banyak informasi dan data tentang bertambahnya kasus baik ODP, PDP, dan positif di beberapa wilayah Indonesia.  Para tenaga medis garis depan pun tak luput juga menjadi korban dari virus yang sangat membahayakan ini.

WhatsApp Image 2020-04-07 at 10.39.36 (1)

Hati nurani masyarakat pun diuji Allah dengan adanya virus ini.  Berbagai anjuran dan himbauan sudah dikampanyekan pemerintah.  Semua demi pengurangan penyebaran virus  yang disebut Corona.  Terbukti kasus sembuh dan negatif dari virus ini juga semakin banyak bermunculaan.  Tentunya hal itu akan selalu terjaga dan semakin menjadi baik jika kita menerapkan kebiasaan sering mencuci tangan, jaga jarak ( social distancing / physical distancing), menjaga pola makan dan imunitas tubuh, serta tetap di rumah saja dengan mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali memang penting dan darurat.

WhatsApp Image 2020-04-07 at 10.35.56

Program yang kini sedang digalakkan adalah program ‘Masker untuk Semua’ masyarakat.  Anjuran mengenai penggunaan masker bagi seluruh warga disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta masker untuk warga betul-betul disiapkan. Jokowi mengatakan WHO awalnya menyarankan penggunaan masker hanya untuk mereka yang sakit. Namun, kata Jokowi, kini semua orang diharuskan memakai masker untuk pencegahan penularan virus Corona.  Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menegaskan bahwa pemerintah menjalankan program ‘Masker untuk Semua’ per 5 April 2020 sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WhatsApp Image 2020-04-07 at 10.35.58 (1)

SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta sebagai salah satu sekolah yang berada di wilayah Yogyakarta, dengan kasus Covid-19 yang terbilang banyak pun turut andil ikut berperan serta dalam menggalakkan program ‘Masker untuk Semua’.  Hal ini tentunya tanpa mengurangi jumlah masker medis yang seharusnya untuk tenaga medis.  SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta sebagai sekolah kejuruan dengan latar belakang jurusan Busana berinisiatif mengadakan masker kain sebagai alternatif masker bagi masyarakat yang akan dibagikan secara Cuma-Cuma atau gratis.

WhatsApp Image 2020-04-07 at 10.35.58

Pada hari Selasa, 07 April 2020 beberapa guru di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta diterjunkan langsung ke jalan  untuk turut membantu program ‘Masker untuk Semua’ bagi masyarakat di lingkup sekitar sekolah secara gratis.  Beberapa titik yang dipilih adalah traffic light yang menjadi lokasi sasaran.  Masyarakat yang menjadi sasaran adalah orang-orang yang belum menggunakan masker, kalangan menengah ke bawah seperti tukang becak, supir , dan masyarakat yang memang membutuhkan.  Lokasi sasaran meliputi wilayah Jalan Paris, Dongkelan, Jokteng Wetan, dan Plengkung gading.

WhatsApp Image 2020-04-07 at 10.35.57

Pembagian masker kain gratis ini harapannya dapat mendukung program ‘Masker untuk Semua’ yang gencar digalakkan oleh pemerintah.  Selain itu, mendorong masyarakat untuk sadar menggunakan masker kapanpun saat keluar rumah, dan menjadi motivasi bagi siswa-siswi dan sekolah-sekolah lain untuk selalu menyosialisasikan program ‘Masker untuk Semua’ sebagai bentuk pengurangan penyebaran Covid -19.  Semoga bumi lekas membaik, Indonesia tersenyum kembali, dan insyaallah kita masih dipertemukan bulan Suci dan dapat menjalankan ibadah dengan lancar. Aamiin. Stay safe. stay at home saty healthy.

WhatsApp Image 2020-03-24 at 16.19.10

Penulis : Laelyana Hardini, S.Pd.,Gr.

Tinggalkan Balasan